Pengertian Musik Reggae : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik reggae disebutkan bahwa musik jenis ini berasal dari Jamaika. Namun, mengapa reggae juga pernag populer di Indonesia? Simak disini!

Musik reggae dikenal memiliki ritme yang unik dan kuat. Dalam bahasa musik, iramanya sering disebut sebagai one drop yang mengguakan ketukan bass ditekankan pada setiap hitungan ketiga musik. Jika memiliki arti demikian, lantas bagaimana penjelasan tentang pengertian musik reggae?

Sebelum menjawabnya, perlu diketahui bahwa irama bass pada musik reggae benar-benar menonjol. Dalam beberapa musik, irama ini sering kali memimbulkan geratan yang sangat dalam dan menghentak. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari musik reggae.

Pengertian Musik Reggae

Jika ingin lebih dalam mengenal musik reggae, ada baiknya kamu memahami pengertian dari musik reggae menurut para ahli terlebih dahulu. Menurut Simon Frith, musik reggae memiliki ritme yang off beat dengan penggunaan gitar bas yang sangat kuat. Umumnya, liriknya juga bertema sosial politik.

Di sisi lain, David Toop mendefinisikan reggae sebagai sebuah genre musik yang berasal dari Jamaika. Hal ini dilihat berdasarkan dari sejarahnya. Penggunaan ritme yang khas, penggunaan instrumen menjadi salah satu ciri yang membuat reggae menjadi salah satu genre musik yang populer.

Sejarah Musik Reggae

Sejarah dari musik reggae awalnya bermula dari Jamaika. Pada akhir tahun 1960-an, musik ini berkembang berdasarkan penggabungan dari beberapa genre musik sebelumnya. Adapun genre musik sebelumnya adalah ska dan rocksteady yang masih ada kaitannya dengan budaya Rastafarian.

Sementara itu, sejarah musik reggae di Indonesia bermula di tahun 1970. Saat itu, musik reggae masuk ke Indonesia melalui para mahasiswa yang belajar di luar negeri. Meski demikian, musik reggae saat itu masih hanya dinikmati oleh sekelompok orang kecil saja karena belum populer.

Hingga pada akhirnya di tahun 1980-an, musik reggae mulai mendapatkan popularitasnya. Hal ini disebabkan karena musik reggae makin massif dipromosikan lewat redio dan televisi. Puncaknya, festival reggae pun akhirnya dengan berani digelar di Indonesia.

Fungsi Musik Reggae

Setelah pengertian musik reggae, adapun fungsi dari musik reggae sendiri ini cukup signifikan bagi para penggemarnya. Hal inilah yang membuat jenis musik satu ini memiliki basis penggemar yang solid dan setia. Beberapa fungsi umum dari musik reggae antara lain:

Media Ekspresi Diri

Seperti musik pada umumnya, reggae juga menjadi salah satu media ekspresi diri baik bagi musisinya maupun pendengarnya. Para pendengar musik reggae umumnya juga mampu meredakan stress hanya dengan mendengarkan iramanya.

Ekspresi dari Identitas Budaya

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa musik reggae berasal dari budaya Restafarian. Dengan mendendangkan musik jenis ini, tentu saja identitas budaya Restafarian menjadi lebih kuat. Komunita budayanya pun jadi makin berkembang lebih luas lagi.

Ciri Musik Reggae

Jenis musik reggae memiliki karakteristik dan ciri khusus yang bisa membedakannya dengan jenis musik yang lain. Beberapa ciri dan karakteristik dari musik asal Jamaika ini antara lain:

  • Memiliki ritme one drop
  • Alunan musik bass yang menonjol
  • Akord dengan aksen ketukan kedua dan keempat
  • Memiliki vokal yang bersahutan
  • Lirik sarat pesan politik hingga sosial

Contoh Musik Reggae

Meski menjadi salah satu musik khas Jamaika, namun kenyataannya musik reggae pernah begitu populer di Indonesia. Adapun contoh musik reggae Indonesia yang sangat populer pada masa jayanya antara lain:

  • Tak Gendong oleh Mbah Surip (2003
  • Kembali oleh Steven & Coconut Treez (2006)
  • Anak Pantai oleh Imanez (2012)
  • Crisis oleh Ras Muhamad (2016)

Pada akhirnya, meskipun dari pengertian musik reggae diketahui bahwa jenis musik ini berasal dari Jamaika, namun popularitasnya di dunia tidak bisa diragukan lagi. Bahkan di Indonesia, komunitas pecinta musik reggae masih banyak dan menjamur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *