Pengertian Musik R&B : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik R&B menyatakan bahwa jenis musik ini berasal dari penggabungan antara berbagai unsur musik. Seperti apa detailnya? Ini selangkapnya!

Jenis musik rhythm and blues atau yang lebih familiar dengan sebutan r&b adalah salah satu yang populer di Indonesia. Jenis musik r&b sendiri adalah sebuah penggabungan dari banyak unsur mulai dari blues, pop, soul dan lain sebagainya. Jika begitu, seperti apa pengertian musik r&b sebenarnya?

Jika ditelisik dari sejarahnya, musik r&b kali pertama diperkenalkan oleh pemusik asal Afrika-Amerika. Sejak saat itu, genre musik ini jadi kian dikenal bahkan hingga sekarang. Terhitung, sudah ada puluhan musisi legendaris yang lahir dari genre musik r&b termasuk Michael Jackson dan Beyonce.

Pengertian Musik R&B

Dirangkum dari asal musiknya pengertian genre musik r&b adalah musik yang secara khusus menggabungkan unsur-unsur blues, jazz, gospel dan rhythm sekaligus. Penggabungan ini membentuk sebuah musik baru yang memiliki gaya yang soul, funk, pop bahkan unsur hip-hop.

Jika didengarkan dengan seksama, irama pada musik r& ini memiliki ritme yang kuat hingga vokal yang ekspresif. Bahkan di beberapa bagian, musik r&b menggunakan instrumen-instrumen musik yang khas. Karena itulah, musik jenis ini mampu memberikan vokal yang bermakna sehingga sangat romantis.

Sejarah Musik R&B

Di masa awal perkembangannya, musik r&b kerap disebut sebagai race music atau rhythm and blues music. Hal ini disebabkan karena musik jenis ini sangat populer di kalangan tempat hiburan. Hingga pada akhirnya musik r&b terus berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Pada sekitar tahun 1980-an, genre musik ini jadi makin populer dan berkembang di dunia. Banyak musisi r&b kelas dunia yang lahir seperti Michael Jackson. Hingga pada akhirnya, sejarah musik r&b di Indonesia akhirnya bermula. Saat itu, jenis musik ini memengaruhi perlahan musik musisi Indonesia.

Puncaknya di tahun 2000-an, masyarakat Indonesia makin terbuka dengan musik r&b. Keterbukaan ini disebabkan karena saat itu mulai banyak musisi Indonesia yang muncul. Hingga pada akhirnya, jenis musik ini masuk daftar sebagai salah satu musik yang populer di Indonesia.

Fungsi Musik R&B

Setelah memahami tentang sejarah hingga pengertian musik r&b, kamu juga wajib memahami tentang fungsi penggunaannya. Adapun fungsi dari penggunaan jenis musik r&b adalah sebagai berikut:

Media Ekspresi Emosi

Sudah sempat disinggung sebelumnya jika jenis musik ini memiliki vokal yang mendalam dan ekspresif. Dengan itu, musik r&b bisa menjadi salah satu media terbaik untuk mengekspresikan emosi. Baik itu emosi cinta, kehilangan, kegembiraan hingga kesedihan.

Identitas Budaya

R&b pada prinsipnya memiliki akar budaya sejarah musik Afrika-Amerika yang cukup kuat. Jadi dengan momopulerkan jenis musik ini, maka identitas budaya Afrika-Amerika akan jadi semakin kuat. Pasalnya, jenis musik ini adalah warisan budaya yang tidak boleh dilewatkan.

Ciri Musik R&B

Meskipun menggabungkan dari beberapa unsur musik, namun kenyataannya musik r&b memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Ciri inilah yang membedakan r&b dengan jenis musik lainnya. Beberapa ciri ciri musik r&b adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ritme yang kuat
  • Vokal yang ekspresif
  • Lirik emosional karena bertema cinta, kehilangan hingga sebuah harapan
  • Penggunaan alat musik yang mendukung (gitar, bass dan yang lainnya.

Contoh Musik R&B

R&b memang musik yang berakar dari budaya Afrika-Amerika. Namun, jenis musik ini begitu populer di Indonesia. Setidaknya ada banyak contoh musik r&b Indonesia yang sempat populer saat masa perilisannya. Apa saja?

  • Pertama oleh Reza Artamevia (1999)
  • Kesalahan Terindah oleh Glenn Fredly (2004)
  • Selalu Denganmu oleh Tompi (2005)
  • Mungkin oleh Rio Febrian (2007)
  • P.S. I LOVE YOU oleh Stephanie Poetri (2020)

Dari pengertian musik r&b di atas, bisa disimpulkan bahwa jenis musik ini berasal dari budaya Afrika-Amerika. Dengan gabungan antara beberapa irama musik, genre r&b berhasil menjadi media ekspresi paling kuat karena memiliki ritme yang kuat hingga vokal yang ekspresif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *