Pengertian Musik Rap: Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik rap adalah jenis musik yang menggunakan teknik vokal bergaya cepat dan biasanya diiringi oleh musik DJ atau band.

Bagi penggemar musik rap, pasti sudah tidak asing dengan rapper terkenal seperti Eminem. Penyanyi rap asal Amerika tersebut pernah meraih penghargaan Best Rap Solo Performance di Grammy Awards 42. Meski begitu, mungkin masih ada diantara Anda yang belum tahu pengertian musik rap.

Musik rap sendiri mampu memberikan warna yang unik dalam dunia musik karena sudah dikenal sejak tahun 70-an. Namun untuk tahu lebih jauh tentang apa dan bagaimana perkembangan musik rap dalam industri musik modern, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Musik Rap

Pada dasarnya rap adalah sebuah gaya vokal yang sering dibawakan atau dikaitkan dengan musik hip hop. Rap menggabungkan antara pidato ritmis dengan bahasa yang lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari di perkotaan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan tertentu.

Rap tidak sama dengan puisi yang disajikan secara lisan karena rap diiringi dengan musik dengan irama tertentu. Meskipun sering dianggap sama, namun rap berbeda dengan hip hop karena rap merupakan teknik vokal dan menjadi bagian dari musik hip hop.

Sejarah Musik Rap

Teori musik rap mulai dikenal di New York. Musik rap identik dengan permainan DJ, breakdancing, hingga tulisan grafiti sebagai media untuk mengekspresikan diri. Berikut ini sejarah singkatnya:

·      Mulai Dikenal pada Akhir Tahun 70-an

Irama musik rap diketahui pertama kali muncul di akhir tahun 70-an dan mulai dikenal kawasan New York City di Bronx dan Harlem. Beberapa DJ terkenal seperti Grandmaster Flash dan Kool Herc telah menciptakan suara baru menggunakan teknik scratching dan turntable.

·      Lagu Rap Pertama yang Sukses

Dalam perkembangannya, di tahun 1979 lagu Rapper’s Delight yang dirilis The Sugarhill Gang telah mencapai kesuksesan secara komersial. Lagu tersebut sekaligus menjadi awal dikenalnya musik rapper secara luas sehingga menjadi salah satu genre yang populer.

·      Musik Rap di Tahun 80-an

Musik rap semakin berkembang di tahun 80-an dengan banyaknya grup maupun solois yang mengeksplorasi gaya rap dengan lirik yang mengekspresikan pesan sosial. selain itu lirik lagu rap juga bisa berupa pengalaman pribadi.

·      Musik Rap Populer Secara Global

Musik rap semakin populer dan bahkan di akhir tahun 80-an hingga 90-an disebut sebagai tahun keemasan musik hip hop yang tentunya identik dengan rap. Di tahun 90-an musik rap meraih popularitas yang luar biasa. Hingga saat ini musik rap telah terkenal secara global.

Fungsi Musik Rap

Musik rap identik dengan teknik vokal berupa pengucapan kata-kata secara cepat sehingga membutuhkan kreativitas yang tinggi agar selaras dengan musik yang mengiringi. Selain bisa menjadi media untuk mengekspresikan diri, musik rap juga efektif untuk menyampaikan pesan tertentu.

Ciri Musik Rap

Setelah mengetahui pengertian musik rap dan sejarahnya, Anda juga perlu mengetahui apa saja ciri musik rap. Musik yang menggunakan dinamika gaya vokal ritmis ini memiliki beberapa ciri khas, yaitu:

  • Menggunakan teknik vokal dengan pengucapan kata-kata yang cepat.
  • Diiringi dengan musik yang dibawakan oleh band atau DJ.
  • Vokalnya yang disebut rapper biasanya merupakan penyanyi solo atau bagian dari sebuah band, seperti Linkin Park, Saykoji dan lain-lain.

Contoh Musik Rap

Jika melihat sejarah perkembangan musik rap, tentunya ada banyak contoh musik rap populer yang pernah dirilis. Di Indonesia sendiri ada lagu rap populer berjudul “Bebas” yang dibawakan oleh Iwa K di tahun 90-an. Lagu lainnya adalah karya Saykoji yang berjudul “So What Gitu Loh”.

Dari pengertian musik rap dapat disimpulkan bahwa jenis musik ini identik dengan genre musik hip hop. Biasanya musik rap menggunakan teknik vokal berupa pengucapan kata-kata yang cepat dengan pesan tertentu di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *