Pengertian Musik Pop : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik pop diambil dari asal kata populer. Oleh sebab itu, jenis musik ini selalu populer meskipun zaman terus berkembang. Ini selengkapnya!

Musik pop adalah salah satu jenis musik yang paling sering di dengar saat ini. Berasal dari kata “populer”, musik pop sebebarnya memang sudah dirancang untuk menarik perhatian dari para pendengar modern. Jika demikian, apa sebenarnya pengertian musik pop secara umum?

Sebelumnya, sudah jadi rahasia umum jika jenis musik satu ini memiliki banyak ciri khas. Salah satunya adakah melodinya yang mudah diingat. Dengan karakteristik inilah, para pendengar jadi lebih mudah menerima lagu sehingga musik pop begitu populer sejak dulu bahkan hingga kini.

Pengertian Musik Pop

Karena jenis musik ini begitu populer, ada banyak ahli yang kemudian mendefinisikannya. Adapun pengertian dari musik pop menurut para ahli adalah sebagai berikut: Srinati menyebut bahwa musik pop adalah jenis musik yang bisa didengar tanpa perhatian khusus karena mudah diingat.

Sementara itu, Shuker mendefinisikan musik pop sebagai sebuag genre musik yang memiliki fokus pada bagian chorus (inti lagu). Sementara itu, khusus untuk bagian lirik, musik pop sangat identik dengan lirik yang romantis karena diperuntukkan untuk kebutuhan komersial.

Sejarah Musik Pop

Dimulai pada paruh pertama abad ke-20, definisi musik pop kali pertama muncul pada masa Perang Dunia II. Saat itu, kemajuan teknologi pun membuat musik pop berkembang. Hingga pada akhirnya di tahun 1950-an, muncul banyak musisi rock and roll yang menandai awal berkembangnya musik pop.

Selanjutnya pada tahun 1960-an, band-band Inggris seperti The Beatles, The Rolling Stones, dan The Who mulai membawa “British Invasion” ke Amerika Serikat. Dengan itu, mereka kemudian memperkenalkan gaya musik yang lebih masuk pada tren pop global.

Saat itu, sejarah musik pop di Indonesia akhirnya dimulai. Berangkat dari pengaruh budaya barat, para musisi pop Tanah Air kemudian lahir. Hingga kini, musik pop pun masih jadi salah satu genre musik yang paling disenangi oleh masyarakat Indonesia.

Fungsi Musik Pop

Setelah memahami tentang sejarah hingga pengertian musik pop, kini saatnya kamu untuk memahami fungsi dari penggunaan musik ini. Adapun fungsi penggunaan musik pop ini adalah:

Sebagai Media Penghubung Generasi

Karena sudah berkembang sejak lama, musik pop memiliki kemampuan untuk menghubungkan berbagai generasi. Hal tersebut dilakukan karena kenangan lama lagu pun bisa disampaikan kepada generasi selanjutnya di kemudian hari. Inilah yang membuat belakangan ada banyak lagu remake.

Bentuk Perekatan Sosial

Sebagai seorang ahli, Srinati juga menyebut bahwa fungsi dari penggunaan musik pop adalah sebagai bentuk untuk merekatkan hubungan sosial. Diketahui bahwa musik terkadang menjadi curahan hati sang musisi. Di sisi lain, ternyata ada orang yang juga bernasib sama.

Ciri Musik Pop

Musik pop menjadi populer bukan tanpa alasan. Ternyata kepopulerannya disebabkan karena musik pop memiliki karakteristik dan ciri yang sangat kuat. Adapun ciri-ciri musik pop adalah sebagai berikut:

  • Memiliki melodi yang sederhana dan tidak rumit sehingga mudah diingat
  • Disusun dengan lirik yang relate dengan kehidupan sehari-hari
  • Punya ritme yang catchy sehingga mudah diikuti
  • Menggunakan instrumen yang beragam (gitar, drum, keyboard dan lain sebagainya)

Contoh Musik Pop

Jika berbicara tentang contoh musik pop, tentu saja Indonesia memiliki banyak sekali musisi dengan karya yang sangat spektakuler. Bahkan, beberapa diantaranya sampai disebut diva. Lagunya pun tak lekang oleh waktu. Ini dia daftar singkatnya:

  • Kala Cinta Menggoda” – Dewa 19 (1996)
  • Mimpi – Anggun (1998)
  • Satu Hati – Rossa (2003)
  • Anugerah Terindah – Sheila on 7 (2004)
  • Pergi untuk Kembali – Ada Band (2005)

Sebenarnya, Indonesia masih memiliki banyak sekali stok musik dan musisi pop yang sangat dihormati. Hal ini juga disebabkan karena pengertian musik pop sendiri diambil dari kata populer. Maka tidak heran jika musik pop masih terus populer tidak mengenal zaman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *