Pengertian Musik Metal : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Mengenal pengertian musik metal. Sebuah genre musik yang berakar dari blues rock dengan ritme cepat, distorsi gitar dan gebukan drum yang kuat.

Apakah Anda termasuk penggemar musik metal yang identik dengan distorsi gitar yang kuat? Jika ya, tentunya sudah tidak asing dengan lagu Master of Puppets yang dibawakan Metallica dan deretan musik cadas lainnya, baik lokal maupun barat. Namun apakah Anda tahu pengertian musik metal?

Sebagai penggemar musik metal, Anda perlu memahami pengertian, sejarah serta fungsi dan ciri khasnya. Selain memiliki karakteristik musik yang keras, tentunya ada ciri khas lainnya yang perlu diketahui. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, silakan simak pembahasan berikut.

Pengertian Musik Metal

Musik metal merupakan genre musik yang cukup kuat dan dinamis, dengan instrumentasi yang terbilang rumit dan suara berat. Genre musik yang berakar dari musik blues rock serta psychedelic rock ini muncul sekitar tahun 1970-an.

Musik metal merupakan simbol pemberontakan, ekspresi kreatif dan individualisme. Musik metal juga mampu merepresentasikan maskulinitas. Dengan irama yang cepat, drum serta distorsi gitar yang terdengar mencolok, musik metal mampu menarik perhatian banyak kalangan, khususnya kaum Adam.

Sejarah Musik Metal

Berikut ini adalah sejarah musik metal yang muncul di tahun 1970-an dan perkembangannya hingga tahun 1990-an.

·       Perkembangan Musik Metal 1970-an

Led Zeppelin, Black Sabbath, hingga Deep Purple menjadi band metal populer yang merajai genre musik tersebut di tahun 1970-an. Namun musik metal yang diusung masih kental dengan nuansa blues di dalamnya.

Jejak blues mulai menghilang seiring dengan kehadiran Judas Priest yang lebih menonjolkan ritme cepat, distorsi serta harmoni yang unik. Di akhir tahun 70-an muncul aliran musik baru yang disebut NWOBHM (New Wave of British Heavy Metal).

Aliran tersebut memadukan unsur punk dan heavy metal. Adapun band yang mengusung genre NWOBHM antara lain adalah Motorhead, Iron Maiden, Venom, Saxon, hingga Diamond Head.

·       Perkembangan Musik Metal 1980-an

Popularitas band NWOBHM terus bersinar sampai awal tahun 1980-an. Namun tidak bertahan lama karena musik heavy metal harus bertabrakan dengan aliran musik pop. Hingga akhirnya muncul genre glam metal yang sukses meraih perhatian para penggemar musik cadas.

·       Perkembangan Musik Metal 1990-an

Di awal tahun 1990-an, musik metal mengalami perubahan akibat adanya pengaruh kuat dari aliran alternative rock, khususnya grunge. Sehingga popularitas glam metal semakin memudar.

Meski demikian, band metal semacam Metallica, Megadeth dan White Zombie mampu menunjukkan eksistensinya sehingga musik metal tetap bersinar di tahun tersebut.

Fungsi Musik Metal

Jika menyimak pengertian musik metal yang identik dengan irama yang keras dan ritme yang cepat, tentunya banyak yang tidak menyangka jika jenis musik ini memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Yaitu meredakan kecemasan, menurunkan depresi, menambah semangat, serta meningkatkan mood.

Ciri Musik Metal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, awal kemunculan musik metal berakar dari musik blues rock. Adapun perbedaan musik metal dan rock terletak pada teknik gitar dan iramanya. Musik rock cenderung lebih easy listening dengan teknik gitarnya yang sederhana.

Sementara teknik permainan gitar yang disajikan dalam musik metal jauh lebih kompleks, seperti tapping, shredding, hingga harmonizing. Dengan petikan gitar dan gebukan drum yang kuat, musik metal terdengar lebih menggelegar dan garang. Apalagi teknik vokal musik metal lebih berat dan keras.

Contoh Musik Metal

Ada banyak band metal yang populer dan mungkin sebagian besar sudah Anda kenal. Berikut contohnya:

Judul LaguNama Band
Smoke on the WaterDeep Purple
Master of PuppetsMetallica
Black MagicSlayer
Hallowed by the NameIron Maiden

Dengan memahami pengertian musik metal tersebut tentunya Anda bisa semakin mengenal genre musik yang difavoritkan. Selain contoh diatas, masih banyak band metal lainnya yang populer dan menginspirasi generasi band selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *