Pengertian Musik Keroncong : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik keroncong menyebutkan bahwa jenis musik ini adalah warisan budaya Indonesia. Meski demikian, ada fakta lain yang tak terduga. Apa itu

Jika membahas soal musik, tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan keroncong. Diketahui, pengertian musik keroncong singkatnya adalah jenis musik khas Indonesia. Meski demikian, apabila ditelisik dari sejarahnya, keroncong ternyata kali pertama diperkenalkan oleh Portugis.

Dalam padanan nadanya, musik keroncong menggunakan perpaduan epic antara dawai, suling, gitar biola, selo hingga ukulele. Penggunaan alat musik suling biasanya digunakan untuk memberikan nuansa kesegaran dan keceriaan pada alunan-alunan musiknya.

Pengertian Musik Keroncong Adalah

Sempat disinggung sebelumnya bahwa musik keconcong adalah genre musik tradisional Indonesia yang terbentuk karena pengaruh budaya Portugis. Musik jenis ini memiliki irama dan harmonisasi vokal lembut yang beriringan dengan irama melodi yang sangat indah.

Sama seperti musik pada umumnya, lirik lagu keroncong juga banyak yang menggambarkan tema cinta serta masalah kehidupan sehari-hari lainnya. Jenis musik ini punya popularitas tinggi di Indonesia karena menjadi salah satu warisan budaya yang tidak boleh sampai punah.

Sejarah Musik Keroncong

Meski menjadi warisan budaya Indonesia, namun ternyata musik keroncong kali pertama dipengaruhi karena Portugis saat asa kolonial. Pada abad ke-16 bangsa Portugis masuk ke Indonesia dengan membawa musik fado. Keadaan inilah yang mengawali sejarah musik keroncong di Indonesia.

Sejak saat itu, musik keroncong mulai berkembang pesat. Bersamaan dengan itu, alat musik tradisional rebab digunakan sebagai pencipta suara khas keroncong. Hingga akhirnya pada abad ke-20, musing keroncong menjadi kian populer di Indonesia berkat jasa dari para senimannya.

Adapu seniman musik keroncong yang terkenal adalah Waldjinah dan Gesang. Hingga kini, keduanya masih dihormati sebagai salah satu tokoh seniman yang sukses mengangkat citra musik keroncong di Indonesia. Hingga kini, keroncong masih berkembang dan terus beradaptasi dengan modernisasi.

Fungsi Musik Keroncong

Karena memiliki sejarah yang panjang, bisa dipastikan bahwa keroncong memiliki peranan yang cukup penting. Umumnya, fungsi penggunaan musik keroncon di era modern saat ini adalah sebagai berikut:

Melestarikan Budaya

Musik keroncong yang dimainkan di era modern ddapat membantu menjaga warisan budaya musik tradisional di Indonesia. Harapannya, ada lebih banyak generasi muda yang tertarik dan mempelajari jenis musik ini.

Penguatan Identitas Nasional

Dari pengertian musik keroncong di atas, diketahui bahwa jenis musik ini adalag bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Untuk itu, musik ini harus selalu dimainkan agar identitas nasional semakin kuat. Hasilnya, Indonesia di mata dunia pun jadi lebih berkesan.

Ciri Musik Keroncong

Dari uraian di atas, dapat dipastikan bahwa musik keroncong sudah pasti memiliki ciri khas. Jika dituliskan, maka ciri-ciri musik keroncong asli adalah:

  • Dimaikan dengan menggunakan alat musik dawai (gitar, biola, selo dan ukulele)
  • Punya jenis tangga nada pentatonis (terdiri dari lima nada)
  • Memiliki pola ritme khas (ritme 3/4 dan 2/4)
  • Lirik lagunya biasanya bertema kasih sayang atau kesedihan dengan bahasa yang mudah dipahami

Contoh Musik Keroncong

Bagi kamu yang ingin menikmati jenis musik tradisional Indonesia satu ini, Adapun rekomendasi terbaik dari contoh musik keroncong yang bisa kamu dengar adalah:

  • Gambang Suling (1930) oleh Is Haryo
  • Keroncong Kemayoran, O Sarinah, Kembang Tanjung (1940) oleh Ismail Marzuki
  • Begawan Solo (1940) oleh Gesang
  • Sepanjang Jalan Kenangan (1996) oleh Hetty Koes Endang
  • Kroncong Protol (2007) oleh Bondan & Fade2Black

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian musik keroncong hingga contohnya di atas, kamu bisa melihat bahwa jenis musik satu ini terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut bertujuan agar musik keroncong masih bisa eksis di tengah gencarnya modernisasi masa kini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *