Pengertian Musik Jazz : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik jazz jika diartikan menurut para ahli dapat berarti sebuah bentuk dari ekspresi kebebasan. Selengkapnya tentang music jazz di sini!

Jika keroncong adalah jenis musik khas Indonesia yang berakar dari Portugis, maka jazz berakar dari Amerika Serikat. Genre musik jazz ini pun merupakan perpaduan unik dari pengaruh musik dari Afrika, Eropa hingga Amerika Latin. Lantas, apa sebenarnya pengertian musik jazz sebenarnya?

Secara umum, arti musik jazz adalah kebebasan dan ekspresi kreatif. Oleh sebab itu, jenis musik satu ini menjadi salah satu genre musik yang paling berpengaruh di dunia. Tidak heran jika hingga kini, genre musik jazz masih eksis dan memiliki banyak penggemar setia.

Pengertian Musik Jazz

Apabila kamu mencari tahu tentang pengertian dari genre musik jazz menurut para ahli, maka aka nada banyak yang mendefiniskannya. Salah satunya adalah Gary Giddin. Gary menyebut bahwa jazz merupakan sebuah genre musik yang berakar dari improvisasi dengan ritme yang kompleks.

Di sisi lain, Ted Giola mendefinisikan jazz sebagai sebuah bentuk musik yang lahir dari perpaduan budaya hingga inovasi. Adapun improvisasi menjadi sebuah inti dari ekspresi yang artistic sehingga menghasilkan sebuah variasi yang tak terbatas pada musik.

Sejarah Musik Jazz

Sejarah musik jazz awalnya memang berasal dari Amerika Serikat yang kemudian berkembag ke seluruh penjuru dunia. Sejarah musik jazz di Indonesia sendiri bermula pada tahun 1919. Saat itu, band The American Jazz datang ke Batavia (Jakarta). Sejak saat itu, jazz pun makin berkembang.

Hingga pada tahun 1930-an, jazz jadi kian populer di Indonesia akibat pengaruh budaya barat yang kian kuat pada masyarakat. Saat itu, para musisi-musisi jazz asal Indonesia pun perlahan mulai hadir hingga mengukuhkan musik jazz sebagai salah satu genre musik yang populer di Indonesia.

Puncaknya pada tahun 1950, musik jazz jadi makin disukai oleh masyarakat Indonesia. Band-band jazz luar negeri pun secara khusus mendapatkan fans setia dari Indonesia. Karena makin populer, perlahan mulai muncul berbagai festival Jazz di Indonesia.

Fungsi Musik Jazz

Setelah mengetahui tentang pengertian musik jazz, lantas apa fungsi penggunaan musik jenis ini? Adapun fungsi musik jazz Indonesia antara lain adalah:

Media Hiburan dan Rekreasi

Seperti jenis-jenis musik yang lain, jazz juga kerap digunakan sebagai media hiburan. Biasanya, musik jazz akan diputar di beberapa pertunjukan langsung, festival musik atau di beberapa tempat hiburan. Hanya dengan mendengarkan musik jazz, banyak orang sudah merasa terhibur

Bentuk Ekspresi Seni dan Kreativitas

Dari pembahasan sebelumya, diketahui jika musik jazz memiliki arti kebebasan. Ini artinya, musik jazz juga menjadi sebuah bentuk ekspresi seni dan kreativitas. Para musisi bisa dengan bebas mengekspresikan dirinya dengan musik jazz.

Ciri Musik Jazz

Musik jazz memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda dengan jenis lainnya. Adapun ciri-ciri musik jazz adalah sebagai berikut:

  • Improvisasi yang spontan
  • Dimainkan dengan instrumen trompet, saksofon, piano, gitar, bass atau drum
  • Memiliki jenis tangga nada diatonis (tujuh nada)
  • Pola ritme yangn dinamis dan kompleks
  • Blue note dan swing

Contoh Musik Jazz

Genre musik satu ini memang begitu populer di Indonesia hingga melahirkan beberapa musisi-musisi hebat. Beberapa contoh musik jazz indonesia yang populer antara lain:

  • Melati di Bali (1958) oleh Jack Lesmana
  • Januari (2002) oleh Glenn Fredly
  • Menghujam Jantungku (2008) oleh Tompi
  • Malam Biru (2012) oleh Sandhy Sondoro
  • Bitterlove (2020) oleh Ardhito Pramono

Pada akhirnya, jika ditelaah dari pengertian musik jazz diketahui bahwa jenis musik satu ini memiliki melodi yang kaya dan kompleks. Kompleksnya melodi inilah yang membuat musik jazz punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *