Pengertian Musik HipHop : Sejarah, Fungsi, Ciri, dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Apa pengertian musik hiphop? Sebuah genre musik yang memadukan iringan musik DJ dengan teknik vokal cepat atau rapping di dalamnya.

Pembahasan tentang pengertian musik hiphop merupakan topik yang sangat menarik bagi banyak orang, terutama para penggemar jenis musik tersebut. Jika Anda termasuk penggemar musik hiphop, pasti tidak asing dengan Pitbull hingga Wiz Khalifa yang merupakan rapper terkenal kelas dunia.

Musik hiphop sendiri sudah sangat populer saat ini dan menjadi salah satu genre dengan banyak penggemar di seluruh dunia. Hiphop identik dengan musik rap, DJ, graffiti hingga breakdance. Untuk lebih mengenal sejarah dan perkembangan musik hiphop, Anda perlu menyimak ulasan berikut.

Pengertian Musik HipHop

Musik hiphop adalah jenis musik yang memadukan musik unik dari DJ serta teknik vokal cepat di dalamnya yang dikenal dengan istilah rap. Rap sendiri merupakan salah satu unsur penting yang ada dalam musik hiphop sehingga keduanya saling berkaitan.

Jenis musik ini bersumber dari beberapa aliran seperti funk, musik elektronik, disco, reggae, jazz, rhythm and blues, spoken word, dancehall, hingga toasting dan talking blues. Adapun alat musik yang digunakan berupa vokal rap, DJ mixer, turntable, mesin drum, keyboard, sequencer dan synthesizer.

Sejarah Musik HipHop

Sejarah musik hiphop tidak bisa dilepaskan dari peran DJ Kool Herc yang telah mengenalkan turntable dalam sebuah pesta di tahun 1973. DJ terkenal ini juga merelakan lantai pertama di rumahnya untuk tempat berkumpul komunitas hiphop yang menjadi tempat lahirnya musik hiphop.

·       Membawakan Lagu dengan Sentuhan yang Berbeda

Tempat yang diklaim sebagai lokasi awal lahirnya musik hiphop adalah 1520 Sedwick Avenue di New York. DJ Kool Herc menyebutkan bahwa budaya hiphop berasal dari tempat tersebut. Pada tahun 1973, DJ Kool membawakan beberapa lagu dengan scratch dan bunyi berbeda.

·       Melle Mel Rapper Pertama dalam Dunia HipHop

Musik hiphop sendiri dianggap kurang lengkap tanpa adanya MC sehingga celah tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Melle Mel dengan lirik-lirik rap yang menggelitik. Hingga akhirnya musik hiphop banyak menyuarakan protes dan suara hati yang merasa terpinggirkan.

·       Perkembangan HipHop di Tahun 1980-an

Pada tahun 1983, lagu berjudul Planet Rock yang dibawakan Black Spades sukses mencuri perhatian karena memadukan rap sederhana dengan irama musik disco. Di tahun 1985, mulai bermunculan nama-nama terkenal seperti Jazzy Jaz, Soulsonic Force, hingga The Fat Boys.

Fungsi Musik HipHop

Pengertian musik hiphop yang berkaitan erat dengan teknik vokal cepat atau rap rupanya memiliki fungsi dan manfaat yang tidak boleh dianggap sepele. Diantaranya adalah sebagai sarana untuk menenangkan diri, mendapatkan inspirasi, meningkatkan fokus hingga terapi gangguan mental.

Apa saja Ciri-Ciri Musik HipHop

Musik hiphop memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis musik lain sehingga Anda lebih mudah untuk mengenalinya. Adapun ciri musik hiphop antara lain adalah:

  • Memiliki ketukan dan tempo yang cepat.
  • Lirik yang ada di dalamnya bisa berupa protes terhadap pemerintah dan kebijakan politik.
  • Rap atau MC pada musik hiphop menjadi unsur penting yang membuatnya terdengar unik.
  • Instrumen yang digunakan DJ hiphop biasanya berupa turntable.

Apa saja Contoh Musik HipHop

Bagi Anda yang hobi mendengarkan musik hiphop pasti mengenal banyak penyanyi dan judul lagu hiphop yang populer. Namun bagi pemula yang baru mengenal genre lagu hiphop, berikut ini adalah beberapa contoh musik hiphop yang layak untuk didengarkan.

Judul LaguPenyanyi
Still D.R.EDr. Dre
GoosebumpsTravis Scott
HUMBLE.Kendrick Lamar
Lose YourselfEminem

Pengertian musik hiphop memang tidak bisa terlepas dari rapping, iringan musik DJ, breakdance hingga aksi graffiti. Namun saat ini, musik hiphop juga sering dikombinasikan dengan beatboxing sehingga semakin unik dan beda dari yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *