Pengertian Musik Future Soul : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Musik future soul termasuk genre musik yang terbilang baru, pertama kali dikenalkan oleh penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang bernama Daley.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini ada banyak genre musik yang bisa dijadikan pilihan menarik untuk dinikmati. Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan genre musik semacam pop, rock, jazz, hip hop hingga dangdut. Namun apakah Anda sudah mengenal genre musik future soul?

Pasalnya jenis musik tersebut masih terbilang baru sehingga mungkin banyak diantara Anda yang belum mengenalnya meskipun sudah pernah mendengarnya. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar future soul, silakan simak pembahasan berikut.

Pengertian Musik Future Soul

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa future soul sama dengan neo soul. Namun tahukah Anda jika keduanya tidak sama. Future soul lebih menggambarkan style musik dari R&B kontemporer dan soul dengan lebih banyak eksperimen memasukkan musik modern, dubstep, hiphop dan chiptune.

Future soule merupakan penulisan lagu yang penuh perasaan dengan kombinasi musik elektronik yang modern. Sedangkan neo soul lebih banyak menyajikan gaya bermusik dengan sentuhan vintage serta jazzy di dalamnya. Future soul sendiri belum lama muncul karena baru dikenal pada tahun 2010-an.

Sejarah Future Soul

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa genre future soul muncul pada tahun 2010-an sehingga masih terbilang baru. Sebagai informasi, istilah future soul pertama kali dikenalkan oleh Gareth Daley atau Daley, seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris.

·       Perkembangan Genre Future Soul

Istilah future soul digunakan Daley untuk menggambarkan gaya bermusik yang bernuansa soul dan R&B kontemporer. Dalam perkembangannya, genre future soul berhasil meraih kesuksesan komersial yang ditandai dengan banyaknya artis yang mengusung genre tersebut.

·       Puncak Popularitas Future Soul

Meskipun sudah muncul sejak tahun 2010, namun genre future soul mencapai puncak popularitasnya di tahun 2016. Yaitu ketika Hiatus Kaiyote yang merupakan band asal Australia masuk dalam nominasi Grammy Awards 2016 untuk kategori Best R&B Performance dengan lagunya Breathing Underwater.

Fungsi Musik Future Soul

Jika Anda pernah mendengarkan lagu dengan genre future soul, pasti bisa merasakan sensasi ketenangan di dalamnya. Meskipun ada sentuhan unsur elektronik, namun lagu yang tersaji cenderung easy listening dan memberikan efek yang membuat pikiran lebih rileks.

Tentunya genre musik ini akan sangat tepat bagi Anda yang lebih suka menghabiskan waktu santai dengan mendengarkan musik. Selain bisa membuat lebih rileks, jenis musik ini juga bisa menjadi sarana untuk mencurahkan perasaan.

Ciri Future Soul

Apa saja ciri dari future soul? Jika Anda menyimak dari awal tentu bisa lebih mengenali ciri-cirinya. Yaitu lebih berani melakukan eksperimen dalam gaya bermusik dengan memasukkan unsur musik yang modern, hiphop, chiptune hingga dubstep. Selain itu irama musiknya juga lebih enak didengar.

Contoh Lagu Future Soul

Sejak dikenalkan pada tahun 2010-an sudah banyak penyanyi dan grup band yang menciptakan lagu dengan nuansa future soul di dalamnya. Bagi Anda yang belum tahu dan ingin mendengarkannya di waktu senggang, berikut ini beberapa contoh lagu future soul yang direkomendasikan.

Judul LaguPenyanyi
Until the Pain is GoneDaley
A Storm in Summer DayFull Crate
OverloadGeorgia Anne Muldrow
NakamarraHiatus Kaiyote
Anganku AnganmuRaisa dan Isyana
Too CloseAlex Clare
Night of Your LifeJennifer Hudson
Not AloneJosh Jacobson feat. Skela

Musik future soul menjadi salah satu musik yang digemari oleh kaum milenial karena menyajikan nuansa yang lebih modern dengan eksperimen gaya bermusik yang lebih berani. Nah, dari beberapa contoh lagu future soul yang telah direkomendasikan diatas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *