Pengertian Musik EDM : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Mengenal pengertian musik EDM yang merupakan metamorfosis dari musik disko dengan sentuhan teknologi komputer yang lebih modern di dalamnya.

Apakah Anda mengenal pengertian musik EDM? EDM adalah singkatan dari Electronic Dance Music. Dengan demikian maka genre musik ini sangat identik dengan aktivitas dance dan party yang penuh semangat dan energik.

Anda pasti pernah mendengar bagaimana musik yang dimainkan oleh seorang DJ yang biasanya banyak diputar di tempat pesta, klub malam dan festival-festival. Untuk lebih mengenal definisi musik EDM, sejarah, ciri dan contohnya, Anda perlu menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Musik EDM

Banyak yang menganggap bahwa musik EDM sama dengan genre musik disko. EDM sendiri adalah salah satu genre hasil dari perkembangan musik disko. Musik ini secara apik memadukan antara pop elektro dengan funk dan boogie sehingga memunculkan irama yang “ngebeat”.

Pengolahan berbagai variasi musik pada genre EDM didapatkan melalui teknologi komputer yang canggih sehingga memunculkan beberapa subgenre. Seperti house, techno, trance, dubstep, electro house, moombahton hingga progressive house.

EDM juga berbeda dengan musik elektronik. Perbedaan antara musik elektronik dan EDM bisa dilihat dari ritme dan tempo EDM yang mengajak tubuh untuk menari atau bergoyang sedangkan pada musik elektronik belum tentu.

Sejarah Musik EDM

Sejarah kemunculan awal musik EDM sudah dimulai sejak tahun 1960-an dengan tambahan instrumen pop dan rock di dalamnya. Meskipun belum begitu familiar, namun pada tahun tersebut sudah ada yang membuat musik EDM.

·       Musik EDM di Tahun 1970 dan 1980

Pada tahun 1970, orang lebih mengenal genre musik ini sebagai musik disko. Banyak diantara musisi yang telah menambahkan sentuhan EDM pada lagunya seperti Donna Summer dan The Bee Gees. Di tahun 1980-an, popularitas musik EDM semakin meningkat dengan banyaknya DJ yang bermain EDM.

·       Musik EDM di Tahun 1990

Di tahun 1990, ketika teknologi sudah semakin canggih dengan ditemukannya komputer, banyak yang akhirnya memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan musik EDM secara efektif dan kreatif

·       Perkembangan EDM di Era Modern

Di era modern, genre musik EDM semakin berkembang dan memiliki banyak variasi. Dalam hal ini ada banyak instrumen musik yang bisa ditambahkan sehingga memperkaya nada dan irama pada EDM. Yang menarik, banyak lagu lama yang diaransemen ulang dan di remix menjadi EDM yang unik.

Fungsi Musik EDM

Pada bab pengertian musik EDM sudah dijelaskan bahwa genre ini merupakan perkembangan dari musik disko sehingga iramanya cenderung cepat dan energik. Sebagai jenis musik yang identik dengan pesta dan kemeriahan, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari musik EDM.

Diantaranya adalah bisa membantu menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis musik ini juga efektif untuk meningkatkan stamina saat berolahraga dan menurunkan tingkat stress sehingga mampu memperbaiki fungsi psikologis.

Ciri Musik EDM

Sebenarnya dengan mendengarkan musik EDM Anda akan bisa dengan mudah mengenalinya karena memiliki ciri khas yang berbeda dari jenis musik lainnya.Ciri-ciri tersebut antara lain adalah:

  • Memiliki irama dan tempo yang ngebeat sehingga memberikan kesan yang lebih energik.
  • Biasanya sengaja dibuat DJ untuk kebutuhan klub malam karena memancing orang untuk bergerak mengikuti iramanya.

Contoh Musik EDM

Anda akan sangat mudah menemukan musik EDM hanya dengan searching di internet. Seperti pada beberapa contoh musik EDM di bawah ini:

Judul LaguDJ/Penyanyi
HappierMarshmello feat. Bastille
Way Back HomeShaun
Taki TakiDJ Snake feat Selena Gomez, Ozuna dan Cardi B
Ko Ko BopEXO
LathiWeird Genius feat. Sara Fajira

Pengertian musik EDM berbeda dengan musik disko karena genre ini merupakan perkembangan yang lebih modern dari musik disko. Dengan memanfaatkan teknologi komputer dan instrumen pendukung lainnya, siapapun akan tergoda untuk menggerakkan badan sesuai irama musik EDM.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *