Pengertian Musik Dream Pop : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Mengenal musik dream pop yang merupakan subgenre rock alternatif dan musik neo psychedelic. Perkembangannya sudah dimulai sejak tahun 1960-an.

Sebagai penikmat musik, Anda pasti sudah mengenal berbagai genre musik dengan ciri khasnya masing-masing. Beberapa genre musik mainstream seperti pop, rock, dan lainnya sudah sangat lazim didengarkan sehari-hari. Namun tahukah Anda jika ada genre musik dream pop?

Mungkin Anda pernah mendengarkan jenis musik tersebut di YouTube atau channel musik lainnya namun tidak tahu kalau itu adalah dream pop. Untuk meningkatkan wawasan musik Anda, berikut ini ulasan tentang dream pop, salah satu genre musik yang unik untuk dinikmati.

Pengertian Musik Dream Pop

Dream pop merupakan subgenre dari jenis musik rock alternatif yang dikenalkan oleh Alex Ayuli pada akhir tahun 1980-an. Pada saat memainkan musik dengan band-nya yang bernama A.R. Kane, Alex menyebutkan bahwa musik yang dimainkan merupakan dream pop.

Sementara menurut The Allmusic Guide to Electronica, dream pop diartikan sebagai subgenre dari musik rock alternatif yang mengandalkan melodi serta tekstur sonik. Karakteristik dari genre ini adalah teknik vokal yang bernafas berat atau berbisik, dengan efek gitar yang kadang menimbulkan noise.

Sejarah Dream Pop

Sejarah genre dream pop sudah dimulai sejak tahun 1960-an sampai 1970-an. Seperti yang dituliskan Nathan Wiseman-Trowse bahwa dream pop dipelopori oleh Phil Spector dan Brian Wilson. Contoh awalnya bisa ditemukan pada lagu All I Wanna Do yang dibawakan Beach Boys pada tahun 1970-an.

·       Dream Pop Awal Tahun 1980-an

Pada awal tahun 1980-an, A.J. Ramirez (PopMatters) menarik garis evolusi dari genre gothic rock ke dream pop. Pada tahun ini mulai bermunculan grup musik dengan genre dream pop. Salah satu album yang berpengaruh dalam genre dream pop adalah Song to the Siren (1983).

·       Dream Pop Akhir Tahun 1980-an sampai 1990-an

Istilah dream pop sendiri diciptakan oleh Alex Ayuli di akhir tahun 1980-an. Istilah tersebut kemudian diadopsi Simon Reynolds, seorang kritikus musik untuk menggambarkan grup A.R. Kane. Sementara di tahun 1990-an, istilah dream pop dan shoegazing sudah cukup populer.

·       Dream Pop Tahun 2000-an

Di tahun 2000-an, dream pop ditampilkan dalam versi yang lebih modern. Seperti yang ditemukan dalam album Person Pitch dari Panda Bear di tahun 2007. Album tersebut memadukan dream pop dengan teknik sampledelic yang lebih modern.

Fungsi Musik Dream Pop

Paste menjelaskan bahwa genre dream pop lebih menekankan pada suasana hati dan sonik dibandingkan lirik. Mendengarkan lagu bergenre dream pop mampu memberikan manfaat tersendiri, salah satunya adalah membantu menenangkan diri sehingga lebih rileks.

Ciri Dream Pop

Seperti jenis musik lainnya, dream pop juga memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dan mudah dikenali. Adapun ciri dream pop antara lain adalah:

  • Lebih mengandalkan tekstur sonik dan melodi dengan menekankan suasana hati.
  • Akord dan trek seolah saling mengaburkan satu sama lain dengan echo dan reverb dimana-mana.
  • Karakter vokal yang seolah berbisik lembut atau dengan nafas berat.
  • Efek gitar yang samar dan terdistorsi dengan suara yang padat.

Contoh Lagu Dream Pop

Selain lagu All I Wanna Do dari Beach Boys yang dianggap sebagai pelopor dream pop, di bawah ini ada beberapa contoh lagu lainnya yang perlu diketahui.

Judul LaguPenyanyi
Lucky GirlAmelia Murray (Fazerdaze)
NaturalJulia Shapiro
Out of ItDrauve
CallousSasami
ObsessedHatchie

Musik dream pop bisa dijadikan salah satu pilihan yang menarik untuk didengarkan di waktu senggang atau saat sedang beraktivitas. Dengan vokal yang cenderung lembut dan aransemen musik yang enak didengar, Anda akan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *