Pengertian Musik Dangdut: Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Apa pengertian musik dangdut? Musik khas Indonesia yang digemari oleh berbagai kalangan. Simak pembahasan lengkapnya hanya di sini.

Apakah Anda termasuk penggemar lagu dangdut? Tentunya irama lagu dangdut sudah sangat familiar di telinga karena hampir setiap hari ada yang memutar jenis lagu tersebut. Lantas, apa sebenarnya pengertian musik dangdut? Dan apa pula yang menjadi ciri khasnya?

Pada ulasan kali ini Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu musik dangdut, bagaimana sejarahnya hingga fungsi dan cirinya. Bagaimana, sudah siap untuk menyimak?

Pengertian Musik Dangdut

Jika Anda termasuk penikmat musik dangdut tentu bisa langsung mengenali jenis musik tersebut ketika mendengarnya. Musik dangdut sendiri merupakan jenis musik yang sudah sangat populer di Indonesia. Jenis musik ini memiliki irama yang unik dengan bunyi gendang dang dan dut.

Musik dangdut adalah musik khas Indonesia yang memadukan unsur musik India, Melayu hingga Arab. Genre musik ini pertama kali muncul pada akhir tahun 1960-an di Jakarta. Adapun jenis musik yang cukup berpengaruh pada musik dangdut adalah qasidah, gambus, melayu, irama musik Amerika Latin.

Sejarah Musik Dangdut

Pada awalnya musik dangdut lebih dikenal dengan nama orkes melayu (OM). Istilah dangdut sendiri pernah di gunakan Rhoma Irama di tahun 1971 dalam album yang berjudul Dangdut. Untuk mengetahui perkembangan musik dangdut,  Anda bisa menyimak sejarahnya di bawah ini.

·      Era 1950 sampai 1960-an

Popularitas film Bollywood pada era ini turut berpengaruh terhadap perkembangan musik dangdut yang ada di Indonesia. Musik dangdut semakin terkenal setelah kehadiran penyanyi orkes Melayu bernama Ellya Khadam. Salah satu lagu populernya adalah Boneka dari India.

·      Era 1960 sampai 1970-an

Dalam perkembangannya, musik dangdut yang memiliki cengkok khas karena pengaruh musik India dan Arab mulai memunculkan banyak nama penyanyi dangdut. Mulai dari Rhoma Irama hingga A. Rafiq yang dijuluki sebagai Elvis Presley Indonesia.

·      Era 1970 sampai 1990-an

Popularitas musik dangdut di era 1970 sampai 1990-an semakin bersinar. Hal ini ditandai dengan ramainya pertunjukan musik dangdut serta penjualan kaset yang meningkat. Bahkan Rita Sugiarto dan Rhoma Irama sukses mengadakan konser musik dangdut di luar negeri.

·      Era 2000-an

Musik dangdut mengalami perubahan dalam aransemen karena adanya rasa jenuh terhadap irama dangdut versi original. Hingga akhirnya banyak musisi dari Jawa Timur mengembangkan subgenre dangdut yang kemudian dikenal dengan istilah dangdut koplo.

Fungsi Musik Dangdut

Jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang pengertian musik dangdut dan sejarahnya, mungkin Anda juga penasaran dengan fungsi dari musik dangdut tersebut. Salah satunya adalah sebagai sarana hiburan yang efektif untuk melepas kepenatan.

Selain itu, musik dangdut juga bisa menjadi sarana untuk berdakwah dan menyampaikan pesan moral yang berguna untuk menginspirasi banyak orang. Sehingga bukan hanya sekedar sebagai hiburan semata.

Ciri Musik Dangdut

Salah satu ciri khas musik dangdut adalah irama gendangnya yang dominan. Musik dangdut juga menggunakan lirik lagu yang mudah dicerna. Jenis irama pada musik dangdut bisa dibedakan menjadi 3, yaitu senandung yang sangat lambat, lagu dua yang agak cepat dan mak inang yang lebih cepat.

Contoh Musik Dangdut

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, sudah banyak lagu dangdut yang diciptakan oleh para musisi. Adapun contoh musik dangdut dan penciptanya bisa dilihat di bawah ini:

Judul LaguPenyanyiPencipta
BegadangRhoma IramaRhoma Irama
Sekuntum Mawar MerahElvy SukaesihRhoma Irama
Sakit GigiMeggy ZMeggy Z
Bisik-Bisik TetanggaElvy SukaesihFazal Dath

Pengertian musik dangdut tidak terlepas dari penggunaan alat musik gendang yang menjadi unsur penting dalam irama lagu dangdut. Selain itu, musik dangdut juga memiliki irama yang khas dengan adanya sentuhan seruling bambu di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *