Pengertian Musik Dance : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik dance sering dianggap sama dengan EDM. Padahal, keduanya memilki arti yang berbeda. Lantas, apa berbedaannya? Ini dia selengkapnya!

Pengertian musik dance kerap dianggap sama dengan EDM (Electronic Dance Music). Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Music dance sendiri merupakan istilah yang menggambarkan secara luas semua jenis musik yang diciptakan secara khusus untuk menari.

Di dalam jenis musik tersebut, baru kamu akan menemukan EDM pada bagian sub-genrenya. Bersama EDM, juga hadir pop, hip-hop, R&B hingga beberapa jenis lainnya. Oleh sebab itu, musik dance sebenarnya, tidak terbatas pada suatu genre tertentu selama iramanya cocok dengan gerakan tarian.

Pengertian Musik Dance

Secara harfiah, pengertian dari musik dance adalah sebuah genre musik yang memang diciptakan khusus atau memiliki irama yang cocok untuk menari. Karakteristik dari musik dance adalah memiliki ritme dan beat yang kuat sehingga membuat para penggemar bisa bergerak sesuai dengan irama.

Sementara itu, EDM adalah jenis musik yang memiliki ritme yang kuat, teratur dan energi yang tinggi. Pasalnya, EDM sebagian besar memang dirancang untuk lingkungan dance yang kuat. Dengan karakteristik tersebut, maka tidak heran jika EDM menjadi salah satu pilihan terbaik untuk musik dance.

Sejarah Musik Dance

Musik dance modern mulai berkembang pada sekitar tahun 1960-an. Kemunculannya bersamaan dengan genre musk rock and roll yang memang memiliki irama dan ritme yang kuat. Irama pada genre musik inilah yang membuat rock and roll kerap digunakan untuk menari.

Hingga pada akhirnya, musik dance terus berkembang dengan berbagai genre baru. Di tahun 1970-am musik disco dan funk menjadi salah satu genre yang populer sebagai musik dance. Baru kemudian di tahun 1980-an, EDM mulai berkembang dan menjadi salah satu genre musik populer untuk dance.

Dari kepanjangan EDM musik, diketahui bahwa genre musik satu ini menggunakan instrumen elektorik. Penggunaannya memang sdah dikhususkan untuk klub malam dan festival musik. Hasilnya, EDM jadi kian populer dan menjadi salah sat favorit untuk musik dance.

Fungsi Musik Dance

Setelah membahas tentang sejarah singkat hingga pengertian musik dance, lanjut pembahasan tentang fungsinya. Pada aplikasinya, penggunaan musik dance ini memiliki beberapa fungsi krusial. Adapun fungsi tersebut adalah:

Mengiringi Dance Agar Lebih Meriah

Dance yang dilakukan tanpa menggunakan musik hanya akan terlihat seperti gerakan biasa saja. Dan disinilah peran musik dance benar-benar diperlukan. Dengan alunan musik, gerakan pada tarian akan terlihat lebih bernyawa hingga pesan hiburan bisa dengan mudah sampai ke penikmatnya.

Alat Komunikasi Non-verbal

Selain mengiringi, musik dance juga kerap digunakan sebagai alat komunikasi non-verbal. Gabungan antara musik dance dengan gerakannya dapat secara tidak langsung mampu memberikan pesan, emosi hingga cerita tanpa harus menggunakan kata-kata yang jelas.

Ciri Musik Dance

Berbeda dengan musik-musik lain pada umumnya, musik yang digunakan untuk dance wajib memiliki ciri-ciri berikut ini. Apa saja ciri dan karakteristiknya?

  • Memiliki ritme yang kuat dan teratur’
  • Dilengkapi musik dengan teknologi elektronik
  • Memiliki energi yang tinggi
  • Instrumen yang beragam

Dari pembahasan di atas, karakteristik musik dance lebih banyak mengarah kepada ciri-ciri musik EDM. Hal inilah yang membuat EDM menjadi salah satu genre populer dalam musik dance.

Contoh Musik Dance

Karena menjadi salah satu genre populer dalam musik dance, identifikasi contoh musik dance ini tentu saja musik EDM. Adapun contoh musik EDM yang populer sebagai musik dance antara lain:

  • Levels oleh Avicii (2011)
  • One oleh Swedish House (2012)
  • Faded oleh Alan Walker (2015)
  • Despacito oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee (2017)
  • Blinding Lights oleh The Weeknd (2020)

Dengan demikian, dari pengertian musik dance bisa dilihat jika salah satu genre musik yang paling cocok adalah EDM. Tidak heran, jika kini banyak orang yang menari dengan menggunakan lagu-lagu genre EDM sebagai pengiringnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *