Pengertian Musik Country : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik country adalah musik yang beralar dari musik rakyat yang ada di pegunungan Amerika. Perlahan, budaya ini mulai masik ke Indonesia!

Salah satu jenis musik yang wajib diketahui adalah musik country. Jenis musik ini sebenarnya telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang populer. Di sisi lain, tidak banyak yang tahu jika jenis musik satu ini berakar dari kehidupan perdesaan. Lantas, apa pengertian musik country?

Berbeda dengan jenis lainnya, musik country berakar dari musik rakyat (folk musik). Awalnya, jenis musik ini sering dibawakan di kawasan pegunungan selatan Amerika Serikat. Seiring dengan berkembangnya zaman, musik country akhirnya berkembang dan makin populer.

Pengertian Musik Country

Ditelisik dari sejarahnya, pengertian dari genre musik country adalah sebuah musik yang berasal dari campuran sejumlah unsur musik Amerika. Berasal dari Pegunungan Appalachia, musik country berakar dari lagu rakyat Amerika yang sudah berkembang sejak tahun 1920-an.

Adapun istilah musik country sendiri baru digunakan pada tahun 1940-an. Sebelumnya, musik country disebut hillbilly. Namun karena istilah tersebut dirasa terlalu merendahkan, maka namanya pun diganti menjadi musik country. Sejak saat itulah, genre musik ini jadi kian populer dan berkembang di dunia.

Sejarah Musik Country

Di Indonesia, sejarah musik country adalah hal yang mungkin sering ditanyakan. Dimulai tahun 1980-an, masuknya genre musik ini pun mulai memengaruhi gaya bermusik dari musisi-musisi populer di Indonesia. Adapun musisi country yang populer pada masa itu adalah Iwan Fals dan Ebiet G Ade.

Di masa kejayaannya, Iwan Fals dan Ebiet G Ade bahkan berhasil mencetak banyak penghargaan musik. Penggemarnya pun mulai menjamur. Sayangnya, musik jenis ini tidak banyak memiliki peneris di Indonesia. Arusnya kalah dengan jenis musik lainnya.

Karena itulah, perlahan popularitas musik country di Indonesia mulai memudar. Meski demikian, lagu-lagu country yang populer pada masa jayanya masih sering diputar di era sekarang. Hanya saja memang, proses regenerasi musik country inilah yang membuatnnya mudah tergerus zaman.

Fungsi Musik Country

Jika di atas kamu sudah memahami sekilas tentang sejarah singkat hingga pengertian musik country, lantas, apa fungsi pengguaannya? Adapun fungsi musik country yang paling umum adalah sebagai berikut:

Media Kampanye Sosial

Apabila kamu pernah mendengar musik dengan genre country, akan ditemukan bahwa tema-tema lagu yang diangkat tidak hanya soal hubungan asmara. Beberapa lagu Iwan Fals dan Ebiet G Ade misalnya. Keduanya banyak menekankan isu yang berhubungan dengan kampanye sosial.

Sarana Mengekspresikan Diri

Seperti jenis musik lain pada umumnya, musik country juga menjadi salah satu media dan sarana untuk mengekspresikan diri. Ungkapan hari tentang kritik-kritik sosial bisa dibawakan dengan lebih bebas tanpa harus menyinggung pihak manapun. Tidak heran jika dulunya musik ini banyak penggemar.

Ciri Musik Country

Identifikasi musik country bisa dilakukan dengan mengenali ciri dan karakteristiknya. Dengan mengenali cirinya, kamu jadi bisa tahu mana musik country dan mengenali perbedaannya. Adapun ciri-ciri dari jenis musik country adalah sebagai berikut:

  • Berisi balada dan lagu tarian sederhana
  • Diiringi itar country atau alternasi bass
  • Memiliki improvisasi dalam nada pentatonik
  • Menggunakan tangga nada mayor

Contoh Musik Country

Seperti disebutkan sebelumya, tidak banyak musisi dengan aliran musik country di Indonesia. Untuk itu, jika kamu mencari contoh musik country di Indonesia beberapa lagu dari musisi di bawah ini bisa jadi rekomendasi terbaik:

  • Iwan Fals
  • Ebiet G Ade
  • Chrisye
  • Titiek Puspa
  • Gombloh

Dengan begitu, dari pengertian musik country sendiri, kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa jenis musik ini memiliki nuansa dan gaya yang berbeda dengan jenis musik lainnya. Meskipun perbedaan unik, sayangnya eksistensinya masih kalah dengan genre musik populer lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *