Pengertian Musik Blues : Sejarah, Fungsi, Ciri dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik blues ternyata cukup kompleks. Pasalnya, jenis musik ini benar-benar menjadi aliran yang mengungkapkan emosi. Selengkapnya disini!

Sama dengan jazz, musk blues merupakan genre musik yang juga lahir dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Jenis musik ini terkenal memiliki struktur yang sederhana dengan penggunaan pola akord yang sangat khas. Namun, apa pengertian musik blues sendiri?

Sesuai dengan namanya, salah satu ciri paling kuat dari musik blues adalah penggunaan emosinya. Pada musik ini, para musisi dengan bebas mengekpresikan kesedihan, kekecewaan, kehilangan bahkan sampai perjuangan. Karakteristik inilah yang membuatnya memiliki banyak penggemar.

Pengertian Musik Blues

Secara umum, pengertian dari musik blues sendiri adalah sebuah aliran musik yang lebih banyak mengungkapkan emosi. Hal inilah yang membuat lagu yang bergenre blues memiliki lirik yang liris, bukan naratif. Kesamaan nasib lagulah yang membuat banyak orang merasa terbawa alirannya.

Berasal dari Amerika Serikat, jenis musik ini dibawa oleh komunitas Afrika-Asia. Selain memiliki emosi yang kuat, musik blues juga memiliki struktur musik yang khas. Pasalnya, ada beberapa rangkaian achord yang diulang-ulang dalam susunan 12 ketukan.

Sejarah Musik Blues

Ditelisik dari sejarah, awal musik blues mulai berkembang adalah pada sekitar akhir taun 1800-an hingga awal 1900-an. Meski demikian, Sejarah musik blues di Indonesia baru dimulai pada masa kolonial Belanda, pada sekiar awal abad ke-20.

Saat itu, kehadiran musik blues di Indonesia disebabkan karena pengaruh dar musik barat yang dibawa oleh kolonial. Meski demikian, saat itu jenis musik ini tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas. Higga pada akhirnya, perlahan musik ini mulai teralkulturasi dengan jenis musik lain yang ada di Indonesia.

Pada era tahun 60-an, musik blues pun mulai menunjukkan pesonanya. Hanya saja, musik ini tidak menjadi genre utama. Para musisi Indonesia lebih banyak menggabungkannya ke dalam jenis musik lain hingga menciptakan sebuah gaya musik yang lebih modern.

Fungsi Musik Blues

Setelah mengetahui tentang seluk beluk sejarah hingga pengertian musik blues, kali ini akan dibahas tentang fungsinya. Secara umum, fungsi dari penggunaan musik blues antara lain:

Ekspresi Emosi dan Pengalaman Hidup

Dengan musuk blues, para musisi bisa mengekspresikan perasaan dan emosinya dengan mendalam. Beberapa emosi yang bisa disampaikan antara lain kesedihan, kekecewaan hingga penderitaan. Inilah sebabnya musik blues memiliki lirik yang kuat.

Media Penyampaian Cerita

Bagi orang-orang yang tak pandai berbagi kegelisahan dengan orang lain, musik blues menjadi media terbaik untuk menumpahkannya. Lirik yang ada di musik blues umumnya berupa cerita sehari-hari hingga pengalaman sehingga lebih menusuk hati.

Ciri Musik Blues

Sudah disebutkan sebelumnya jika meskipun memang ada kemiripan, namun kenyataannya jenis musik blues berbeda. Jika ingin tahu apa saja perbedaannya, berikut ini adalah beberapa ciri dan karakteristik khas yang hanya bisa ditemukan pada musik blues:

  • Lirik seolah spontan, namun tidak. Pasalnya, liriknya memiliki stanza tersendiri.
  • Memiliki nada yang lembut dan melankolus dengan gaya vokal sengau
  • Punya tempo teratur yang diiringi melodi yang bebas
  • Disusun denngan pola struktur musik 12-bar blues

Contoh Musik Blues

Tidak banyak yang tahu jika ternyata contoh musik blues di Indonesia ada banyak sekali. Meski demikian, beberapa lagu blues yang paling populer di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Give Your Love (Gugun Blues Shelter)
  • Terlalu Manis (Slank)
  • Impostor Heart (Andre Harihandoyo & Sonic People)
  • Malaria (Blues Libre)
  • Yellow on Black (Ginda Bestari)
  • Kupu-Kupu Malam (Titik Puspa)

Dengan demikian, pengertian musik blues dapat berarti sebuah aliran musik yang lebih banyak mengungkapkan emosi. Untuk itu, musik jenis ini memiliki ciri-ciri yang sangat melekat. Oleh sebab itu, musik ini berhasil menghimpun banyak penggemar setia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *