Pengertian Musik Balada : Sejarah, Fungsi, Ciri, dan Disertai Contohnya

Meta Deskripsi:

Pengertian musik balada identik dengan alunan musik yang pelan dengan lirik lagu yang puitis dan penuh makna untuk mengekspresikan suasana hati.

Dari sekian banyak genre musik, musik balada memiliki penggemar tersendiri karena menyajikan kisah cerita yang unik di dalamnya. Mungkin masih banyak yang belum memahami pengertian musik balada meskipun sering mendengarkan jenis musik tersebut.

Jika Anda pernah mendengar atau bahkan memfavoritkan lagu berjudul Yogyakarta yang dibawakan KLA Project, maka perlu diketahui bahwa lagu tersebut termasuk lagu balada. Nah, untuk lebih mengenal apa itu musik balada, sejarah dan ciri khasnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Mengenal Pengertian Musik Balada

Istilah balada berasal dari kata ballad yang dalam Bahasa Inggris artinya adalah kidung atau nyanyian. Dalam KBBI, balada diartikan sebagai sajak sederhana tentang kisah rakyat yang mengharukan, kadang berupa dialog dan kadang berupa nyanyian.

Sementara menurut Prof. David Metzer (2017), yang dimaksud dengan musik balada adalah jenis musik yang temponya cenderung pelan dengan tema berupa kisah cinta atau kehilangan di dalamnya. Lirik lagu balada biasanya ekspresif, mengungkapkan kesedihan, sarkastik hingga kasih sayang.

Sejarah Musik Balada

Sejarah musik balada dimulai dari nama lagu tarian berbahasa Perancis yang muncul di abad pertengahan. Pada abad ke-18, balada sering ditulis dan dijual dalam bentuk selembar broadsides. Bentuk tersebut banyak digunakan komponis dan penyair untuk menciptakan balada liris.

·      Balada Awalnya Dibawakan oleh Pengamen

Balada pada awalnya dibawakan oleh pengamen dalam bentuk nyanyian. Ada dua jenis balada yang dikenal, yaitu balada rakyat yang berkisah tentang peristiwa tertentu, kisah cinta hingga tokoh sejarah. Serta balada literer yang dikenal di Perancis sebagai pengiring tarian.

·      Perkembangan Balada di Abad ke-19

Bahasa musik balada semakin berkembang di abad ke-19 dan telah digunakan secara luas di berbagai wilayah. Seperti di benua Eropa, Australia, Amerika, Afrika Utara hingga wilayah Asia. Hingga saat ini musik balada sudah sangat populer dan digemari banyak orang.

Fungsi Musik Balada

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian musik balada yang di dalamnya berisi sebuah narasi atau kisah cerita yang unik dengan tempo yang cenderung pelan. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari musik balada?

Dengan tempo yang cenderung pelan, musik balada sangat cocok didengarkan saat healing time, karena jenis musik ini bisa membantu Anda untuk melepaskan kepenatan dan emosi. Dengan mendengarkan lagu balada, pikiran akan lebih rileks sehingga efektif untuk memperbaiki mood.

Ciri Musik Balada

Seperti genre musik lainnya, musik balada juga memiliki beberapa ciri khas yang membuat jenis musik ini lebih mudah dikenali. Adapun ciri-cirinya adalah:

  • Tempo lagu cenderung pelan dan sedang, dengan pola melodi yang bervariasi sesuai lirik lagu.
  • Menyajikan lirik yang cenderung ekspresif dan bisa berupa sebuah sindiran.
  • Isi dari lagu balada biasanya mengisahkan kehidupan sosial, percintaan hingga suka duka dalam menjalani kehidupan.
  • Lirik yang disajikan bersifat puitis dengan musik yang mendayu-dayu.

Contoh Musik Balada

Ada banyak contoh musik balada yang bisa ditemukan. Di Indonesia sendiri berbagai jenis judul lagu balada bisa dengan mudah didengarkan dan dinikmati. Lagu balada bisa disajikan dalam irama musik pop maupun rock namun liriknya tetap menggambarkan suasana hati. Berikut ini contohnya:

Judul LaguPenyanyi
Sarjana MudaIwan Fals
YogyakartaKLA Project
Karena Kamu Cuma SatuNaif
Berhenti BerharapSheila On 7
Titip Rindu Buat AyahEbiet G Ade
LirihAri Lasso
Rahasia HatiElement
MengenangmuKerispatih

Pengertian musik balada erat kaitannya dengan kisah cerita yang tersaji di dalam setiap bait atau lirik lagunya. Selain bisa mengekspresikan emosi dan suasana hati, musik balada juga bisa mengisahkan tentang kehidupan sosial yang ada di sekitar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *