Keunikan Seni Tari Kipas Pakarena : Sejarah dan Asalnya

Meta Deskripsi:

Seni tari Kipas Pakarena merupakan salah satu kekayaan budaya daerah yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan dan konon sudah ada sejak abad ke-16.

Kesenian tradisional yang ada di Indonesia sangatlah beragam sehingga menjadi kekayaan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya. Salah satunya adalah tari Kipas Pakarena yang menampilkan gerakan unik dengan berbagai makna di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, tarian ini menggunakan properti kipas dan diiringi dengan alat musik khas yang disebut Gondrong Rinci. Untuk mengetahui keunikan, sejarah dan asal tarian Kipas Pakarena Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Keunikan Tari Kipas Pakarena

Sebelum membahas tentang keunikannya, Anda perlu mengetahui makna dari tarian tersebut. secara garis besar, makna tarian Kipas Pakarena adalah menggambarkan hubungan manusia dengan Sang Pencipta, siklus kehidupan yang dialami manusia, kesulitan dan masalah hidup serta irama kehidupan.

Adapun keunikan dari tarian Kipas Pakarena antara lain adalah:

·       Menampilkan Gerakan yang Lemah Gemulai

Salah satu keunikan yang bisa dilihat dari tarian tradisional ini adalah menampilkan gerakan yang lemah gemulai. Kipas lipat yang ada di tangan penari akan digerakkan dengan pola yang indah dan teratur sehingga menarik untuk dinikmati.

·       Gerakan yang Mirip dalam Tarian

Beberapa gerakan yang dilakukan penari terlihat mirip antara gerakan yang satu dengan lainnya sehingga akan sulit untuk dibedakan. Gerakan tangan lebih didominasi dengan permainan kipas di salah satu tangan, sementara tangan yang lain akan bergerak dengan lembut.

·       Memiliki Aturan yang Unik

Aturan yang diterapkan pada tarian ini cukup unik, salah satunya adalah jumlah penari antara 5 sampai 7 orang wanita. Aturan lainnya adalah tidak boleh membuka kedua mata terlalu lebar dan mengangkat kaki terlalu tinggi. Hal ini menjadi simbol kesopanan dan keanggunan dalam tarian tersebut.

·       Kostum Tari Menggunakan Baju Bodo

Keunikan lainnya bisa dilihat dari penggunaan kostum baju Bodo yang merupakan baju tradisional dengan desain pakaian longgar lengkap dengan aksesoris berupa konde, anting, gelang dan kalung. Kostum juga dilengkapi dengan sarung untuk bagian bawah dan kain yang diselempangkan.

Sejarah Tari Kipas Pakarena

Sejarah tarian Kipas Pakarena tidak terlepas dari Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan. Tarian tersebut merupakan peninggalan budaya dari Kerajaan Gowa yang tetap dilestarikan hingga saat ini. Meskipun Kerajaan Gowa sudah runtuh, namun tarian tersebut masih tetap ditampilkan dalam berbagai acara.

Tari kipas sendiri diciptakan oleh Andi Ummu Tunru yang merupakan putri dari pasangan Andi Bau Tunru Karaeng Kaluarrang dan Andi HUmaya Tunru Petta Pudji. Pada awalnya tarian tersebut dikenal dengan nama Tari Sere Jaga yang menggunakan properti berupa seikat padi.

Tarian biasanya dilakukan dalam acara ritual sebelum dan setelah penanaman padi. Seiring dengan berjalannya waktu, properti yang digunakan bukan lagi seikat padi melainkan kipas. Sedangkan nama “Pakarena” sendiri berasal dari kata “karena” yang dalam bahasa setempat artinya adalah “main”.

Asal Tarian Kipas Pakarena

Tarian Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan. Biasanya tarian tradisional ini akan ditampilkan dalam acara-acara adat maupun acara promosi wisata daerah. Pada awalnya tarian kipas dibawakan oleh para putri bangsawan dari Kerajaan Gowa.

Pada abad ke-16, tari kipas pernah dijadikan sebagai tarian resmi kerajaan Gowa. Seiring dengan perkembangan zaman, tarian tersebut diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Hingga saat ini tarian Kipas Pakarena masih tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat.

Tari Kipas Pakarena merupakan sebuah tarian tradisional yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Gowa. Dengan berbagai makna dan keunikan yang ada di dalamnya, tarian ini difungsikan sebagai tari ritual, tarian resmi kerajaan, sarana dakwah dan hiburan hingga wujud syukur atas hasil panen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *