Contoh Teks Prosedur Beserta Pengertian dan Strukturnya

Meta Deskripsi:

Contoh teks prosedur ternyata punya beberapa aturan wajib yang harus dipenuhi oleh para penulisnya. Aturan ini tentu saja soal penulisan strukturnya!

Satu lagi jenis teks yang wajib kamu pelajari adalah teks prosedur. Sesuai dengan namanya, teks ini biasanya digunakan untuk menjabarkan kepada pembaca tentang aturanmembuat atau memakai sesuatu. Misalnya, langkah-langkah membuat makanan. Jadi, seperti apa contoh teks prosedur?

Meski terbilang sederhana, namun tidak banyak yang tahu jika penulisan resep itu tidak boleh sembarangan. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada contoh yang ada dalam teks prosedur ada begian penting yang tidak boleh dilewatkan, yaitu langkah beserta strukturnya.

Pengertian Teks Prosedur

Secara umum, teks prosedur berarti sebuah teks yang berisi tentang arahan atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu. Sederhananya, teks prosedur adalah instruksi yang wajib dilakukan seserang. Biasanya, teks ini digunakan untuk membuat suatu produk atau arahan tentang kegiatan.

Sebagai contoh, teks prosedur yang paling sederhana adalah resep masakan. Dalam resep makanan ini, kamu akan menemukan rangkaian langkah-langkah untuk membuat sebuah hidangan. Agar hidanngan bisa sempurna, tentu saja tidak boleh ada langkah yang sengaja dilewatkan.

Struktur Teks Prosedur

Setidaknya, ada lima bagian penting yang pasti akan kamu temukan bahkan dalam contoh teks prosedur singkat. Adapun bagian tersebut adalah:

1.  Judul

Dalam sebuah karangan, struktur yang wajin ada tentu saja judul. Tanpa judul, sebuah karangan tidak akan menarik, sebagus apapun isinya. Dalam teks prosedur, kamu wajib memilih judul yang to the point.

2.  Tujuan

Bagian ini berisikan tentang tujuan akhir yang dicapai setelah melaksanakan langkah-langkah sesuai dengan prosedur. Perlu diingat, bahwa bagian ini tidak wajib. Jadi, kamu bisa melewatkannya.

3.  Alat dan bahan

Sebelum masuk ke langkah, pada contoh pada teks deskripsi rangkum terlebih dahulu detail alat dan bahan yang diperlukan. Beri catatan juga apakah ada bahan yang bisa diganti agar pembaca punya gambaran.

4.  Langkah-langkah

Tuliskah langkah-langkah yang singkat, padat dan jelas. Dan pastikan langkahnya berurutan agar pembacanya tidak bingung.

5.  Penutup

Tutup teks prosedur dengan kesimpulan, rekomendasi atau imbauan. Sama dengan bagian kedua, struktur ini bisa dilewatkan jika memang diperlukan.

Contoh Teks Prosedur

Sebenarnya, contoh teks jenis prosedur yang paling banyak ditemukan dalam langkah membuat makanan. Sebagai contoh, berikut ini adalah langkah-langkah membuat telur ceplok yang strukturnya sudah sesuai dengan aturan wajib penulisan teks prosedur:

(Judul) Membuat Telur Ceplok Spesial yang Lezat

(Tujuan) Telur ceplok atau juga disebut sebagai telur mata sapi memang mudah dibuat. Sayangnya, tidak semua orang mampu membuat telur ceplok yang benar-benar nikmat karena kuning telurnya utuh di tengah.

(Alat dan bahan)

  1. Telur
  2. Bawang prei (optional)
  3. Garam dan penyedap
  4. Minyak atau mentega
  5. Penggorengan (Wajan atau Teflon)
  6. Pisau

(Langkah-langkah)

  1. Pertama-tama, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu
  2. Potong halus bawang prei menggunakan pisau
  3. Panaskan minyak dengan api kecil cenderung sedang yang ada di dalam penggorengan
  4. Setelah minyak panas, pecahkan secara perlahan telur kemudian tempatkan di atas penggorengan dengan hati-hati
  5. Taburi dengan garam atau penyedap rasa pada bagian atas
  6. Jika suka, tambahkan taburan bawang prei di atas telur
  7. Tunggu hingga bagian kuning telur mulai memadat, kemudian balik
  8. Balikkan secara perlahan agar kuning telur tidak pecah
  9. Jika ingin setengah matang, tidak usah terlalu lama menggoreng setelah telur di balik.
  10. Setelah matang, telur ceplok spesial siap dihidangkan dengan nasi hangat.

(Penutup)

Dengan memerhatikan step by step di atas, dijamin hasil telor ceplokmu akan jadi lebih nikmat. Cocok untuk hidangan akhir bulan yang lezat.

Demikian adalah contoh teks prosedur yang lengkap dengan pengertian hingga strukturnya. Pada akhirnya, hal paling penting yang harus diperhatika dalam jenis teks ini adalah pemilihan kata yang singkat, padat, jelas dan tidak bertele-tele.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *