Contoh Teks Observasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Meta Deskripsi:

Contoh teks observasi adalah referensi yang harus diperhatikan sebelum membuat laporan pengamatan. Setidaknya ada 3 struktur yang wajib diperhatikan!

Laporan atau teks observasi adalah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan siswa dan mahasiswa. Biasanya, jenis laporan ini digunakan untuk melaporkah hasil pengamatan langsung terhadap sebuah objek, kejadian atau situasi tertentu. Lantas, seperti apa contoh teks observasi tersebut?

Sebelum membahas tentang contoh teks, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu soal pengertian hingga strukturnya. Dengan pemahaman tersebut, laporan observasi akan jadi lebih mudah dibuat. Untuk itu, langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Pengertian Teks Observasi

Secara harfiah, teks observasi adalah sebuah laporan yang berisikan tentang narasi yang dihasilkan dari hasil pengamatan langsung. Adapun pengamatan bisa dilakukan terhadap sebuah objek, kejadian atau situasi tertentu. Misalnya: contoh teks laporan hasil observasi tentang buah apel.

Adapun tujuan dari pembuatan teks observasi tersebut adalah untuk mendeskripsikan secara detail apa yang telah diamati. Hasil deskripsi ini digunakan untuk memberikan gambaran yang akurat terhadap sebuah objek yang diamati.

Struktur Teks Observasi

Melihat referensi contoh teks laporan hasil observasi adalah jalan ninja bagi Anda untuk mengetahui strukturnya. Di sana, akan terlihat bahwa teknik penulisannya memiliki 3 struktur. Apa sajakah itu?

1.  Definisi Umum

Bagian yang terletak pada paragraph pertama ini biasanya berisi tentang pengertian atau konsep dasar seuah objek. Di sini, Anda wajib mengklasifikasikan berdasarkan persamaan dan perbedaannya.

2.  Deskripsi Bagian

Selanjutnya, Anda harus menyertakan deskripsi bagian. Pada bagian ini, jelaskan dengan detail tentang konsep atau isi pengamatan yang dilakukan.

3.  Deskripsi Manfaat

Setelah itu, lanjutkan dengan menjelaskan tentang manfaat atau kesimpulan dari hasil observasi tersebut. Jelaskan secara ringkas, to the poin dan tertarget.

Contoh Teks Observasi

Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh teks atau laporan observasi yang bisa Anda jadikan referensi. Pada contoh teks laporan hasil observasi tentang alam kali ini, Anda akan diajak untuk mendeskripsikan tentang hutan mangrove. Ini dia pembahasannnya:

1.  Definisi Umum

Hutan mangrove (bakau) adalah sebuah ekosistem khas yang terletak di bagian perbatasan antara daratan dan perairan laut. Adapun pepohonannya dikenal memiliki akar yang menjulang tinggi. Kondisi fisik bakau inilah yang membuatnya mampu menahan abrasi pantai sekaligus rumah bagi spesies lain.

2.  Deskripsi Bagian

Contoh teks laporan hasil observasi tentang alam singkat dilanjutkan dengan: Akar mangrove memiliki bentuk yang berjaringan serta memiliki cabang yang kuat. Akar mangrove tidak hanya bisa menopang pohon namun juga dapat menjadi penahan abrasi hingga rumah bagi flora dan fauna lain.

Sementara itu, mangrove umumnya terdiri dari berbagai spesies seperti Rhizophora, Avicennia, dan Sonneratia. Umumnya, masing-masing spesies punya ciri khas yang berbeda. Ciri khas ini dapat   dilihat ada morfologi daun hingga batangnya.

Di tengah-tengah ekosistem mangrove yang rimbun, akan hidup berbagai jenis fauna. Yang paling sering adalah spesies burung, kera hingga berbagai spesies ikan. Hal ini disebabkan karena disana dianggap sebagai tempat bertelur yang paling aman.

3.  Deskripsi Manfaat

Hutan mangrove memiliki peran penting dalam menjaga pantai dari abrasi. Selain itu, masyarakat lokal juga banyak menggunakan hutan mangrove sebagai tempat terbaik penangkapan ikan. Dengan ini, kehadiran hutan mangrove sudah bisa dipastika dapat mendukung keseimbangan hidup antar spesies.

Dalam contoh teks observasi di atas, Anda mungkin sudah mengisi ketiga strukturnya. Namun di bagian akhir deskripsi manfaat, jangan pernah lupa untuk menambahkan paragraph berupa kesimpulan. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

Kesimpulan: Hutan mangrove pada dasarnya bukah hanya ekosistem alam biasa. Kehadirannya memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan karena menyediakan habitat bagi spesies lainnya hingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Saat membuat laporan observasi, penting bagi Anda untuk memerhatikan strukturnya. Hal ini dilakukan agar hasil kerja Anda bisa lebih detail dan tertarget. Oleh sebab itu, melihat referensi dari contoh teks observasi dapat membantu Anda memberikan gambaran yang lebih jelas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *