Contoh Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Meta Deskripsi:

Contoh teks eksplanasi wajib dipelajari sebelum menyusun sebuah karangan eksplanasi. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

Jika kamu butuh untuk menjelaskan sebuah fenomena atau peristiwa, maka kamu wajib menyampaikannya dengan menggunakan teks eksplanasi. Adapun beberapa peristiwa yang dimaksud bisa hujan deras, gempa bumi hingga fenomena lainnya. Lantas, seperti apa contoh teks eksplanasi?

Sebelum membahas lebih jauh tentang contohnya, perlu diketahui bahwa penulisan teks eksplanasi wajib menyertakan beberapa struktur terntentu. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahaminya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian, struktur hingga contohnya!

Pengertian Teks Eksplanasi

Sesuai dengan namanya, teks eksplanasi adalah jenis karangan yang berisi tentang penjelasan mendalam tentang sebuah fenomena, konsep, proses atau kejadian-kejadian tertentu. Adapun kejadian yang dimaksud biasanya terjadi pada kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari penggunaannya adalah unruk memberikan pembaca pemahaman yang medalam tentang sebuah topik tertentu. Oleh sebab itu, teks eksplanasi harus disusun sedemikian rupa agar ututannya bisa sistematis agar konsep dan proses yang dijalankan lebih mudah dimengerti.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Setidaknya, ada 3 struktur yang akan kamu temukan jika melihat dan membaca contoh karangan eksplanasi tersebut. Adapun penjelasan dari ketiga struktur tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Mengidentifikasi Fenomena atau Pernyataan Umum

Pada bagian pertama, Anda harus terlebih dahulu melakukan identifikasi umum tentang topik utama yang akan dibahas. Misalnya, jika ingin membahas tentang banjir, maka lakukan penjabaran mendalam tentang banjir terlebih dahulu.

Contoh:

Banjir memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Menjelang musim hujan di akhir tahun ini, sejumlah wilayah di Indonesia diketahui sudah mengalami kebanjiran. Adapun faktor penyebabnya bisa dari curah hujan yang sangat tinggi sehingga sungai pun meluap.

Umumnya, sungai yang meluap disebabkan karena saluran yang tersumbat. Usut punya usut, penyumbatan ini disebabkan karena masih banyak masyarakat Indonesia yang membuang sampahnya di area sungai. Hasilnya, sungai pun tersumbat dan susah mengalir saat musim hujan tiba.

2.  Penggambaran Urutan Kejadian atau Rangkaian Sebab Akibat

Pada bagian kedua, Anda harus merinci dengan detail proses kejadian-kejadian yang relevan. Adapun segala jenis persoalan yang berhubungan dengan sebab akibat dari fenomena bisa dijelaskan lebih lanjut secara detail dan terperinci. Agar lebih jelas, simak contoh teks eksplanasi banjir berikut ini:

Contoh:

Terjadinya banjir sebenarnya merupakan akibat dari perubahan tata guna lahan. Sepert diketahui, banyak sekali hutan yang akhirnya dibuka menjadi pemukiman. Hal inilah yang menyebabkan daya resap air menjadi berkurang sehingga lingkungan jadi mudah banjir saat curah hujan sedang tinggi.

Dibandingkan dengan penyebab banjir lainnya, perubahan tata guna lahan menjadi penyebab utama banjir yang paling signifikan. Pasalnya, beberapa pembangunan kerap mengesampingkan masalah drainase, Hal ini yang membuat banjir lebih banyak menerjang kawasan pemukiman padat penduduk.

Kawasan padat penduduk juga menjadi sasaran empuk banjir karena gaya hidup. Kebanyakan, warga setempat membuang sampah di sungai atau selokan yang menjadi lubang aliran air. Karena itensitas sampah yang tinggi, akhirnya saluran air pun tersumbat hingga menyebabkan terjadinya banjir.

3.  Ulasan dan Interpretasi

Khusus pada bagian ini, Anda bisa memaparkan kesimpulan sekaligus pendapat. Dalam penulisannya, penting bagi Anda untuk menghubungkannya dengan penjelasan yang sudah dipaparkan pada bagian sebelumnya.

Contoh:

Banjir memanglah sebuah bencana yang tidak bisa dihindari. Namun jika dilihat dari penyebabnya, masyarakat sekitar bisa mengurangi potensi dengan tidak membuang sampah di aliran air. Sebagai gantinya, buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan agar tidak lagi ada ancaman banjir.

Itulah sekilas tentang contoh teks eksplanasi singkat tentang banjir yang bisa jadi referensi untuk Anda. Dari contoh tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya untuk menjelaskan tentang objek atau fenomena lainnya. Dan pastinya, tetap menggunakan struktur urutan seperti contoh di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *