Contoh Teks Diskusi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Meta Deskripsi:

Contoh teks diskusi memiliki struktur wajib yang harus dipenuhi oleh penulisnya. Meski mirip, namun teks diskusi ternyata berbeda dengan argumentasi.

Teks diskusi merupakan salah satu jenis karangan yang mirip dengan argumentasi. Meski demikian, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini bisa dilihat jika kamu memerhatikan contoh teks diskusi singkat dengan seksama. Disana, akan terlihat perbedaan yang mencolok.

Kedua jenis teks ini dianggap mirip karena sama-sama berisi tentang pendapat atau opini terhadap  sebuah isu tertentu. Hanya saja, teks diskusi memiliki struktur yang lebih komplesk sehingga mampu mencapai sebuah kesepakatan dan solusi. Lantas, bagaimana detail penting tentang teks diskusi?

Pengertian Teks Diskusi

Dalam pengertiannya, teks diskusi adalah jenis karangan yang berisi tpandangan seseorang terhadap suatu topik. Dalam teks diskusi, penulis akan memaparkan berbagai macam pandangan tentang topik tersebut. Contoh isu dalam teks diskusi yang punya banyak sudut pandang adalah pendidikan.

Tujuan dari pemaparan pandangan dari berbagai sudut pandang ini adalah untuk mengajak para pembaca mempertimbangkan dari berbagai perspektif dalam menentukan solusi tersebut. Hasilnya, pemikiran pembaca akan terangsang untuk berfikir lebih kritis dalam menghadapi sebuah isu.

Struktur Teks Diskusi

Perbedaan yang paling mencolok dari teks diskusi dengan teks argumentasi terletak pada strukturnya.

Adapun contoh teks diskusi beserta strukturnya ini akan bisa kamu lihat pada poin setelah ini. Sebelum tahu contohnya, berikut ini adalah penjelasan tentang struktut tentang teks diskusi:

1.  Permasalahan (Isu)

Pada bagian ini, kamu bisa mulai dengan memperkenalkan topik atau isu yang akan dibahas. Jelaskan dengan singkat namun tetap tertarget. Gunakan bahasa yang sesuai dan tidak terlalu bertele-tele. Masalah inilah yang akan diidiskusikan lebih lanjut tentang solusinya.

2.  Argumen Pendapat

Perbedaan teks diskusi dengan argumentasi terletak pada bagian ini. Dalam teks argumentasi, kamu hanya akan menemukan satu pendapat dengan banyak data pendukung. Sementara di teks diskusi, akan ada dua macam pendapat yakni: pendapat pendukung (pro) dan penentang (kontra).

3.  Kesimpulan

Kesimpulan pada teks diskusi diambil berdasarkan pertimbangan dari pendapat pendukung dan penentang. Oleh karena itu, hasil teks diskusi bisa memberikan solusi yang lebih konkrit karena mempertimbangkan dari berbagai hal dari banyak sudut pandang.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Agar kamu memiliki gambaran lebih jelas tentang teks diskusi, berikut ini adalah salah satu contoh dari teks diskusi yang mengangkat isu tentang pendidikan:

Isu: Apakah Pendidikan Karakter Wajib Masuk dalam Kurikulum Sekolah?

Pendapat Pendukung (Pro)

Pendidikan karakter adalah salah satu hal yang paling penting dalam membentk kepribadian siswa. Dengan pendidikan ini, para siswa akan lebih terarah kepribadiannya mulai dari moral, etika hingga pengetahuan budayanya.

Pendidikan karakter juga dapat membuat siswa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi siswa jika sudah lepas dari dunia sekolah. Dengan pendidikan karakter yang kuat, bangsa Indonesia akan jadi lebih mudah bersaing di era globalisasi saat ini.

Pendapat Penentang (Kontra)

Pembelajaran soal karakter dapat secara tidak langsung membebani siswa. Pasalnya, siswa harus belajar berbagai macam pelajaran. Akibatnya, pendidikan karakter bisa saja membuat siswa lebih mudah stres dan tidak fokus pada pendidikan inti lainnya.

Di sisi lain, pendidikan karakter secara umum tidak dapat dinilai secara kualitatif. Ini artinya, akan sulit bagi para pengajar dalam mengukur tingkat keberhasilan pendidikan ini. Hasilnya, program ini mungkin jadi kurang dan bahkan tidak efektif.

Kesimpulan

Pendidikan karakter memang hal yang penting dalam membentuk kepribadian siswa. Namun dalam praktiknya, ada banyak tantangan yang akan dihadapi. Oleh karenanya, pelaksanaan pendidikan karakter wajib memperhatikan berbagai macam faktor.

Dari contoh teks diskusi di atas, dapat dilihat bahwa semakin banyak pertimbangan yang ditulis pada pendapat, maka semakin kompleks kesimpulan yang bisa ditarik. Oleh sebab itu, teks diskusi lebih banyak digunakan dibandingkan dengan teks argumentasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *