Contoh Teks Argumentasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Meta Deskripsi:

Contoh teks argumentasi makin banyak dicari terlebih pada musim kampanye kali ini. Lantas, seperti apa contoh dan bagaimana strukturnya yang benar?

Jenis teks argumentasi adalah karangan yang saat ini sedang populer. Hal ini disebabkan karena tujuan utama dari pembuatan jenis teks ini adalah untuk meyakinkan pembaca tentang suatu pandangan tertentu. Oleh sebab itu, contoh teks argumentasi singkat kini makin banyak dicari oleh orang-orang.

Sebuah teks argumentasi yang baik umumnya memuat beberapa fakta, data hingga bukti yang konkrit. Deretan data dan fakta tersebut pun harus dilaporkan secara runtut agar bisa lebih meyakinkan banyak orang. Untuk mewujudkannya, teks argumentasi wajib memiliki beberapa struktur penting.

Pengertian Teks Argumentasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang struktur hingga contohnya, ada baiknya kamu untuk memamahi terlebih dahulu tentang makna dan penggunaan teks argumentasi. Sesuai dengan namanya, jenis karangan ini berisi argumen dan opini seseorang terhadap sebuah kejadian tertentu.

Agar opini tersebut bisa diterima, sang penulis harus membeberkan data dan fakta pendukung. Biasanya, teks argumentasi akan banyak digunakan saat debat, pembuat kebijakan atau bahkan untuk kampanye brand hingga pemilihan umum.

Struktur Teks Argumentasi

Dalam praktiknya, pembuatan teks argumentasi tidak boleh sembaragan. Pasalnya, kamu harus memerhatikan apakah teks tersebut sudah berada pada struktur yang tepat. Selain contoh teks argumentasi, kamu juga harus tau beserta strukturnya. Apa saja?

1.  Pendahuluan (Pernyataan Pendapat)

Pada bagian ini, kamu bisa memulai tulisan dengan menyatakan klaim (thesis statement) yang berisika tentang pandangan utama. Penempatannya sangat direkomendasikan diletakkan pada bagian akhir atau menjelang akhir. Tujuannya adalah untuk membantu para pembaca dalam memahami konteks.

2.  Pembahasan (Pernyataan Pendapat)

Pada bagian selanjutnya, kamu wajib memberikan pembahasan yang berisikan argumen pendukung klaim utama. Dalam penulisannya, ada baiknya kamu menuliskannya secara terpisah agar penyajian data, fakta dan buktinya bisa disampaikan dengan jelas.

Tujuan dari pembahasan teks argumentasi ini adalah untuk memberikan keyakinan penuh terhadap relevansi argumen yang diucapkan. Pada bagian ini, kamu juga bisa memberikan tanggapan pada argumen lawan sehingga bisa memperkuat argument yang kamu miliki.

3.  Kesimpulan (Pehegasan ulang pendapat)

Pada bagian ini, kamu wajib merangkum kembaki beberapa argumen yang sudah disajikan kemudian diterjemahkan dalam bahasa yang lebih ringkas. Di bagian akhir ini, ada baiknya kamu juga menuliskan penegasan kembali terhadap argumen yang sudah ditulis sebagai penguat.

Contoh Teks Argumentasi

Agar kamu punya gambaran yang jelas soal jenis teks satu ini, berikut ini adalah contoh dari teks argumentasi yang bisa jadi referensi. Pada contoh di bawah ini, kamu akan diajak untuk mendengarkan opini tentang sampah.

Pendahuluan

Sampah yang menumpuk sudah menjadi salah satu permasalahan yang pelik. Pasalnya, pengelolaan sampah di Indonesia sangat buruk sehingga dapat menimbukan pencemaran lingkungan. Selain itu, beberapa bencana alam seperti banjir dan tanah longsung juga disebabkan oleh sampah.

Pembahasan

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengungkap bahwa pada tahun 2023 sudah ada sekitar 18,3 juta ton sampah di Indonesia. Dari statistik tersebut, Indonesia kemudian menjadi negara pennghasil sampah terbesar nomor lima di dunia.

Penyebab utama penimbunan sampah ini adalah karena ketidakdisplinan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang tanpa ragu membuang sampah sembarangan di sungai atau area-area tak terjangkau lainnya.

Karena ketidakpatuhan tersebut, solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi penumpukan sampah adalah adanya regulasi yang tegas tentang pengelolaanya. Tidak hanya pengelolaan, penentuan sanksi juga wajib dipertimbangkan oleh pemerintah.

Kesimpulan

Selain penetapan regulasi dan sanksi, solusi terbaik dari masalah penumpukan sampah juga bisa dilakukan dengan menumbuhkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Dari contoh teks argumentasi adalah, bisa disimpulkan bahwa penggunaan karangan ini memang bertujuan untuk meyakinkan pembacanya. Oleh sebab itu, kamu harus pandai merangkai kata. Jangan sampai salah kata karena bisa berakibat fatal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *